Mengapa Listrik Rumah Menggunakan Arus Bolak Balik?

Transmisi listrik ke rumah-rumah, mengapa arus listrik bolak-balik (AC) karena lebih menguntungkan dibandingkan arus listrik searah (DC)? Bagaimana sejarahnya?

Jika iseng-iseng cek meteran listrik di rumah, kita akan melihat tulisan, 220V, 50Hz ”. Sebenernya ada banyak tulisan yang menjelaskan tentang meteran listrik, namun pada artikel kali ini ini kita cuma akan membahas tulisan tersebut. Oke, apa nih maksudnya tulisan 220V, 50Hz ”? Pada bagian 220V-nya menunjukkan listrik di rumah kita memperoleh tegangan 220 volt, sementara pada bagian 50Hz-nya menunjukkan listrik yang tiba di rumah kita itu adalah listrik bolak-balik dengan frekuensi sebesar 50 det. Jadi dari angka tersebut 50 Hz kita tahu itu listrik yang sampai di rumah kita adalah listrik bolak-balik.

Katakan Indonesia, sebagian daya listrik yang digunakan di rumah-rumah memiliki standar seperti di atas, yaitu 220 volt, 50 Hz. Di negara-negara lain, standardnya bisa aja berbeda. Di negara-negara Eropa semisal Jerman, Italia, Perancis,  Yunani, dll. Standardnya ialah 230 volt, 50 Hz. Sedangkan di Amerika, standardnya ialah 120 volt, 60 Hz. Singapura, Australia dan Malaysia standardnya sama dengan Eropa. Tiongkok standardnya sama dengan Indonesia. Dan Sebagainya. Standar di setiap negara bisa berbeda, tapi itu jelas, semua negara di seluruh dunia itu menggunakan arus bolak-balik untuk transmisi listrik ke rumah-rumah.

Seperti yang udah kita tau, arus listrik dibagi menjadi dua, yaitu arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik. Tapi kenapa sih seluruh dunia menggunakan arus listrik bolak-balik? Kenapa nggak pakai listrik searah aja? Nah, katakan artikel ini, gue mau membahas berbagai keuntungan listrik bolak-balik dari segi Fisika.

Listrik, memangnya buat apa?

Sebelum kita mulai membahas arus listrik bolak-balik, kita coba ingat-ingat lagi, memangnya kenapa sih kita memerlukan energi listrik ke rumah-rumah?

Aku masih ingat dulu ketika dosen Elektro ku pernah bilang begini, Kita memerlukan listrik bisa ke rumah-rumah karena hgal itu satu-satunya wajah yang efektif dan efisien untuk mentransmisikan energi “. Energi, kita perlu bantuan listrik ke rumah-rumah.

Seperti yang kita fahami, kehidupan kita sekarang jauh lebih baik karena kemampuan kita mengendalikan energi di sekitar kita. namun masalahnya adalah bahwa sebagian besar energi yang kita butuhkan dihasilkan di tempat yang jauh dari rumah. Karena itu, harus ada cara yang efektif dan efisien untuk mengirimkan energi ini dari sumbernya menuju ke rumah-rumah. Jalan keluarnya? Ya, menggunakan listrik. Terlepas dari energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik, yang harus kita lakukan adalah mengubahnya menjadi listrik dan kemudian mengirimkannya ke rumah. Ketika energi listrik tiba di rumah, kita dapat mengubahnya menjadi bentuk energi lain sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya, dalam energi cahaya (lampu), energi termal (AC, kompor listrik, pemanas, lemari es, dll.), Dalam energi kinetik. (kipas, alat cukur rambut, dll.) dan seterusnya.

Tujuan listrik ke perumahan ialah untuk mentransmisikan energi, saat ini kita harus mencari tahu nih, apakah arus listrik bolak-balik itu lebih efektif dan lebih efisien jika dibandingkan dengan arus listrik searah dalam mentransmisikan energi? Tidak, sebelum masuk ke sini, mari kita bicarakan lebih dulu yuk, apa sih yang dimaksud dengan arus listrik bolak-balik.

Perbedaan yang perlu difahami dari listrik searah (DC) dan listrik bolak-balik (AC)

Arus listrik dibagi menjadi 2, arus listrik pertama yang searah (DC – arus searah) yang mana arus listriknya bergerak searah dari kutub positif ke negatif. Apabila arusnya bergerak dari kutub positif menuju negatif, maka sebaliknya elektronnya bergerak dari kutub negatif ke positif. Listrik DC Biasa Dihasilkan Oleh Baterai.

Lalu yang kedua ada arus balik listrik (AC – arus bolak-balik) yang mana Arah arusnya beralih dari kutub positif ke negatif, tapi arusnya balik balik doank. Emang arusnya bener-bener bolak-balik ya? Ya, arusnya beneran bolak-balik. Arus listrik AC ini dihasilkan oleh generator AC.

Related articles

Tempat Wisata Gratis Malang Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Tempat Wisata Gratis Malang, kota satu ini juga memiliki liburan gratis, yang berarti anda tidak mesti membayar. Guna masuk sekaligus merasakan rekreasi ke berbagai tempat di bawah ini. Tentunya akan lebih terasa perfect seandainya anda mempercayakan sewa mobil mewah Surabaya menjadi sahabat perjalanan.  Dibawah ini merupakan daftar tempat wisata gratis Malang pilihan atau rekomendasi liburan […]

4 Perbedaan Alphard Dan Velffire Secara Umum

Perbedaan alphard dan vellfire, Mungkin sebagian dari anda masih belum mengenal perbedaan signifikan dari ke-2 macam mobil ini. Nah bagi anda yang ingin tahu tentang perbedaan alphard dan juga vellfire. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahasnya, tentu diinginkan sesudah anda membaca artikel ini. Anda telah memahami dan mengerti apa saja sih, perbedaan kedua […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *