5 Keeksotisan Tarian Adat Kalimantan Tengah (Ini Dia Daftarnya)

Tari Hugo dan huda

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat banyak jumlahnya. Salah satu provinsi yang juga kental akan nuansa seninya adalah Kalteng. Tidak hanya pakaian tradisionalnya, tarian adat Kalimantan Tengah juga beragam jenisnya.

Bagi Anda yang tertarik mempelajari beberapa jenis tarian, provinsi ini bisa jadi referensi yang tepat. Adat budaya yang dimiliki masih terawat dengan baik. Jika Anda penasaran, berikut ini adalah lima tarian khas Kalimantan Tengah yang wajib Anda ketahui.

Tari Putri Malawen

Tari Putri Malawen

Kesenian daerah ini sering dipentaskan pada zaman kerajaan dulu sebagai media hiburan. Penarinya konon adalah seorang gadis yang berasal dari daerah danau Melawen Barito.

Meski saat ini pemerintahan kerajaan sudah tidak ada, namun masyarakat sering menggelar tarian tersebut terutama ketika ada even besar mengenai budaya. Tak jarang juga dijadikan sebagai tarian penyambutan tamu penting.

Tari Manasai

Nama tarian ini berasal dari musik pengiringnya yaitu lagu Manasai. Mengusung tema pergaulan muda mudi Kalimantan Tengah, pentas tersebut melibatkan banyak peserta. Keseruan terasa manakala semua warga ikut menari bersama. Kekhasan yang dimiliki oleh budaya tradisional ini adalah:

  • Jumlah penari sangat banyak

Tidak ada batasan jumlah penari dalam pentas tersebut, siapa saja bisa ikut berpartisipasi. Para penari akan berdiri berselang-seling wanita dan pria untuk membentuk lingkaran. Semakin banyak warga yang ikut maka semakin besar pula lingkaran yang dihasilkan.

  • Gerakan tarian yang khas

Jika Anda pernah melihat tarian Cha-cha, maka seperti itulah gerakan pada kesenian daerah ini. Kaki bergerak sesuai dengan iringan lagu riang.

  • Lagu pengiring

Selain menggunakan alat musik tradisional, tarian ini juga diiringi oleh lagu Manasai yang sangat energik. Tak salah jika budaya tersebut banyak menarik wisatawan karena penyajiannya yang atraktif.

Tarian Balean Dadas

Unsur magis sangat kental pada tarian ini. Fungsinya adalah untuk meminta kesembuhan bagi si sakit. Dengan melakukan kesenian daerah tersebut, dipercaya penyakit akan segera diangkat. Ciri yang dimiliki oleh budaya Kalteng ini adalah:

  • Dibawakan oleh penari dan salah satunya adalah dukun perempuan
  • Kostum yang dikenakan adalah pakaian adat Dayak didominasi oleh warna merah, hitam, putih, dan hijau
  • Tarian persembahan untuk memohon kesembuhan kepada Ranying Hatala Langit
  • Fungsinya kini mulai bergeser sebagai pergelaran untuk penyambutan tamu dan juga peresmian.

Meskipun keberadaannya kian tergerus oleh perkembangan zaman, namun masih banyak warga yang mengadakan tarian adat Kalimantan Tengah ini. Mereka percaya bahwa kesembuhan akan segera didapatkan jika dilakukan persembahan.

Tari Giring-giring

Ciri khas dari tarian ini ada pada aksesoris giring-giring yang dikenakan oleh penari. Pada saat bergerak, benda tersebut akan menghasilkan suara sebagai iringan. Ditambah dengan ritme gamelan, menjadikan pertunjukan tersebut semakin berkesan.

Pementasan biasa diselenggarakan saat acara penyambutan tamu di Barito. Tentunya budaya ini harus terus dirawat karena menjadi aset negara yang tak ternilai harganya.

Tari Hugo dan Huda

Tari Hugo dan huda

Saat musim kering berkepanjangan, warga Kalteng biasanya melakukan sebuah tradisi agar tumbuhan yang mereka tanam tidak rusak. Ritual pemanggilan hujan ini dikenal dengan Tari Hugo dan Huda.

Para penari melakukan gerakan unik yang bertujuan agar hujan segera turun. Karena sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup pada pertanian, maka adat istiadat ini cukup sering dilakukan agar kemakmuran tetap terpelihara.

Selain kelima tarian adat Kalimantan Tengah yang disebutkan diatas, masih banyak budaya khas lainnya yang perlu Anda ketahui. Keragaman yang tercipta tidak menimbulkan perpecahan malah memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Related articles

Tari Cerana

4 Contoh Keindahan Tarian Adat NTT (Khas Nusa Tenggara)

Provinsi yang terletak di sebelah tenggara Indonesia ini terdiri dari beberapa pulau yaitu Komodo, Timor, Rote, Sumba, dan Flores. Selain terkenal akan wisata alamnya, tarian adat NTT juga memiliki pamor yang tak kalah tingginya. Beberapa kesenian daerah memang sengaja dipentaskan pada even besar untuk menarik kembali minat masyarakat dalam mempelajari budaya setempat. Jika turis asing […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *